Jumat, 29 April 2016

Sekilas Tentang Knalpot

Knalpot agaknya merupakan perangkat 'wajib' dari kendaraan bermesin dengan pembakaran sebagai bagian dari sistem pembuangan gas pada mesinnya. Menurut wikipedia, knalpot ini merupakan kata serapan dari Bahasa Belanda yang secara harfiah berarti saringan suara. Tak hanya kendaraan darat seperti keseluruhan armada Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya, tetapi juga seperti pesawat jet, roket dan kapal laut. Hanya, pada pesawat tempur sebenarnya ada proses pembakaran, tetapi karena bukan mutlak kendaraan mekanik, maka selain knalpotnya juga sebagai after burner yang difungsikan sebagai pendorong.

Salah satu jenis knalpot pada mobil. sumber: commons.wikimedia.org/Steevven1

Ada banyak tipe knalpot untuk kendaraan tertentu di pasaran, tapi biasanya dibedakan tipe standar dan racing, orisinil (standar pabrikan otomotif tersebut) dan 'KW'. Mungkin juga SNI dan non-SNI ^_^
Karena knalpot adalah saluran pembuangan dari ruang bakar mesin, maka kendaraan 'listrik' dengan tenaga baterai dan tanpa proses pembakaran tentunya tidak mempunyai perangkat ini. Beberapa tipe kendaraan listrik juga terdeteksi tidak menghasilkan polusi suara serta cenderung senyap yang berbahaya bagi kaum difabel (tuna netra), tapi knalpot yang merupakan salah satu bagian penting kendaraan mempunyai peredam kebisingan macam wol. Seperti dibeberkan referensi Rental Mobil Surabaya berikut ini: http://www.otosia.com/berita/keluarnya-rambut-dari-knalpot-ini-akan-membuat-anda-tercengang.html.

Dan seperti bagian dari mobil yang lain, knalpot juga membutuhkan perawatan. Rental Mobil Murah Surabaya sempat menemukan referensi tentang pencegahan karat dari knalpot ini, yang satu ini untuk motor: http://www.merdeka.com/otomotif/tips-gunakan-pertamax-plus-untuk-hilangkan-karat-knalpot.html dan satu artikel lain ini adalah tips untuk pemilik mobil: http://www.toyota.astra.co.id/move/news/article/cara-merawat-knalpot-mobil-terhindar-dari-karat/

Dari fakta yang ditulis pada artikel tersebut, poin berikut ini juga turut dirasakan oleh Sewa Mobil Surabaya: jika kendaraan yang jarang digunakan akan membuat pengawasan kita bertambah. Mungkin secara langsung terkait bahasan kita ini, problemnya adalah timbulnya karat pada knalpot. Selain air karena pengembunan, kandungan oktan yang cukup tinggi pada BBM jenis Pertamax akan mengendap di knalpot yang bisa memicu karat. Karat pun kemudian bisa memicu keropos.

Tapi sebenarnya, dampaknya mungkin lebih luas dari itu. Ada beberapa poin yang tidak disebutkan di dalam artikel tadi karena pada kenyataannya, Sewa Mobil Pregio di Surabaya pun selalu mengecek kendaraan saat akan digunakan.
Nah... saat mobil lama menganggur ini, pengecekan bisa lebih intens dilakukan di sela-sela waktu kosong tersebut untuk mencegah hal yang lebih parah dari karat pada knalpot ini. Misalnya akan timbulnya jamur pada jok atau bagian tertentu lain karena pengembunan dan sebagainya. Dan tentu saja supaya memastikan mobil telah layak jalan sesuai 'standar' Rental Mobil Surabaya secara umum.

Bagian dari sistem pembuangan dari BMW V8 yang digunakan oleh kendaraan F1 tim Sauber.
sumber: commons.wikimedia.org/Maggot666PL
Dan untuk cara perawatan knalpot kendaraan, Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya mengutip artikel tersebut: yakni memasukkan oli pada knalpot yang berfungsi sebagai pencegahan timbulnya karat. Jika bagian luar knalpot sudah terlanjur berkarat, maka kita akan membutuhkan amplas halus atau sikat kawat untuk menggosoknya. Cara lain adalah dengan menekan pedal gas dua kali hingga tingkat RPM tertinggi untuk mengusir kandungan air di dalam knalpot serta memastikan pengeringan setelah pencucian mobil.

Dari beberapa sumber referensi yang pernah disinggahi Sewa Mobil Avanza di Surabaya juga mengatakan bahwa ada beberapa kecenderungan penyebab karat pada knalpot yakni berkunjung ke daerah yang berkadar garam tinggi. Misalnya daerah pantai atau dekat dengan pertambakan garam. Ada yang berpendapat bahwa cat pelapis anti temperatur tinggi bisa melindungi dari kemungkinan karat. Ada pula yang menyarankan di-krom. Tapi bagaimana pun pelapis tersebut, tentunya lambat laun akan tetap meninggalkan karat jika perawatannya keliru. Pelapisan krom sendiri bisa dirawat dengan cara tertentu seperti yang disarankan oleh referensi Rental Mobil Innova di Surabaya berikut ini: http://oto.detik.com/read/2012/11/07/075509/2084167/1214/menjaga-lapisan-krom-agar-tetap-kinclong.

Jadi, agaknya merupakan keuntungan tersendiri bagi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya yang jajaran armadanya tidak banyak menganggur dan cukup menarik perhatian pengguna jasa rental mobil, yakni pengawasan rutin pun tidak menjadi sia-sia ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar